Archive 2012

Imperatori Raih Kemenangan Setelah Ragginger Terkena PenaltiPorsche Carrera Cup Asia – Ronde 7 & 8, Sirkuit Internasional Sepang, 30 Agustus – 2 September 2012


Kuala Lumpur. Pengemudi dari PICC Team StarChase, Alexandre Imperatori lengkapi pengumpulan poin maksimal dengan meraih kemenangan di Ronde 8 Porsche Carrera Cup Asia setelah pengemudi dari Team Eagle – Jiejun & Junbaojie, Martin Ragginger, diberikan penalti 30 detik karena menyusul di bendera kuning.

Ragginger lewati garis terlebih dahulu setelah balapan yang menegangkan dari 11 lap di Sirkuit Internasional Sepang sepanjang 5,54 km di Malaysia. Pengemudi asal Austria ini berjuang dan memberikan serangan tiada henti kepada pemimpin poin Imperatori agar ia dapat memimpin Ronde 8 saat memulai balapan dari posisi ke-7 di dalam grid.

Ketiga di dalam garis finish, namun kedua dari hasilnya adalah pengemudi asal Macau Rodolfo Avila dari Team Jebsen, dengan selisih hanya setengah detik yang memisahkannya dari tiga teratas di garis finish.

Pengemudi asal Cina Huang Chu Han dari Asia Racing Team mengambil kemenangan di dalam Klasemen B, diikuti dengan Wayne Shen, yang menyelesaikan Ronde 7 di posisi 8, serta Francis Tija dari OpenRoad Racing di atas podium.

Imperatori terus perkuat kepemimpinan dia di papan kejuaraan, meskipun gelar juara masih dapat diraih oleh siapa saja. Bakat asal Swiss yang berbasis di Shanghai memimpin di depan Keita Sawa dari LKM Racing Team dengan 34 poin, dengan Avila dan pengemudi dari Budweiser Team StarChase, Tung Ho-Pin yang bersama – sama berada di posisi ketiga. Di Klasemen B, Shen telah meningkatkan kepemimpinannya di atas Egidio Perfetti yang berada di posisi kedua menjadi 32 poin.

Untuk Imperatori, yang memulai dari posisi 8 di grid dan memenangkan Ronde 7, pertarungan epik ini menjadi bukti lebih lanjut bahwa peraturan grid terbalik ini merupakan sebuah master-stroke: “Peraturan ini memberikan show spektakuler bagi para penonton. Martin dan Saya mengalami awal yang baik, dan sangat menyenangkan dapat berada di depan di lima teratas setelah melalui beberapa tikungan. Ada momen dimana saya harus melewati daerah rumput untuk menghindari kontak dengan Martin, namun saya terus mengingatkan diri saya mengenai poin kejuaraan jadi saya berusaha keras untuk menekan sembari menghindari kontak. Martin tidak melakukan kesalahan dan terus berada di garis, sebagaimana seharusnya, dan saya tidak dapat menemukan cara untuk melampauinya.”

Avila senang dapat kembali ke atas podium, setelah memperbaiki ban barunya: “Saya memulai dengan baik, namun melepaskan clutch terlalu cepat dan hilang beberapa tempat. Lalu kemudian diganti dengan ban baru, saya berhasil menyusul beberapa kendaraan namun sempat tertahan untuk beberapa saat. Setelah saya berhasil menyusul (Keita) Sawa, saya memutuskan untuk bergabung dengan pestanya. Saya tahu bila Martin atau Alex melakukan kesalahan, maka saya sudah ada di sana.”

Di dalam Klasemen B, di posisi pertama, Huang, yang finish di posisi ketiga di babak sebelumnya, telah siaga dengan balapan berikutnya: “Kali ini saya lebih waspada dengan ban saya, namun ini merupakan awal dari lebih banyak kemenangan lagi di masa depan!”

Memulai balapan dari baris depan bersama dengan Shen adalah pengemudi dari Team Yongda Dongfang, Benjamin Rouget, yang melesat dari grid seperti petir di awal, sehingga membangun gap hingga 1,5 detik pada saat akhir lap pembukaan. Saat pria Perancis ini akan terus memimpin di depan, di belakangnya adalah Saw dari LKM Racing Team yang menyusul Ragginger untuk mendapatkan posisi ke-2. Segala macam pemikiran yang dimiliki oleh pengendara Austria ini untuk mengambil posisi tersebut terpaksa harus ditahan karena tiba – tiba Imperatori bergabung, dan memberikan tekanan sehingga memberikan Sawa sedikit ruang untuk bernafas.

Persis pada saat limit, Imperatori tiba – tiba memberikan ruang dan menuju rumput, sehingga pengemudi Budweiser Team StarChase, Tung Ho-Pin berhasil menyusulnya sebentar. Avila mencoba, tetapi gagal mengikuti jejak Tung, masih tetap berada di belakang Imperatori, bersamaan dengan momen dimana Ragginger menyusul Sawa. Sementara itu Rouget meningkatkan posisi kepemimpinan waktunya hingga lebih dari dua detik di akhir Lap 3, namun hal tersebut tidak bertahan lama.

Saat kondisi memanas, Ragginger terus menahan serangan dahsyat yang diberikan oleh Imperatori sambil tetap menjaga Sawa berada di dalam penglihatannya, kemudian menyusul pengemudi asal Jepang tersebut pada Lap ke-5, serta segera memburu Rouget. Imperatori tidak terlalu jauh di belakangnya, dan kembali berada di belakang bumper Ragginger dengan segera. Avila juga sempat memimpin, melewati Tung dan kemudian Sawa, dan kemudian ia terlihat mendekat di balik kaca spion Imperatori.

Pada akhir Lap ke-7, seluruh pembalap berhasil mendekati Rouget, dengan Ragginger dan Imperatori yang berhasil melewatinya, dan Avila turut bergabung di perseteruan antara 4 mobil ini, pengemudi asal Macau ini berhasil melewati pria Perancis. Sawa juga masih terus bertarung, dan juga melewati Rouget di dalam lap penentu ini.

Thriller lap terakhir adalah saat Imperatori mengerahkan semua usahanya, dan dalam secepat kilat, Ragginger terus menjaga garisnya, dan Avila masih terus menguntit bumper pengemudi asal Swiss ini, menantikan ia membuat kesalahan. Atas permintaan oleh race Stewards, Ragginger kemudian diberikan penalti sehingga membuat posisinya merosot ke peringkat 9 di dalam urutan ini.

Seri ini akan beranjak menuju klimaksnya di musim ke-10, dimana seri ini akan kembali beraksi bulan ini dengan Porsche SC Global Carrera Cup Asia – Singapura 2012 di sirkuit Marina Bay sebagai bagian dari blue riband FORMULA 1 SINGTEL GRAND PRIX dari tanggal 21 – 23 September.

Lap Tercepat: Alexandre Imperatori/PICC Team StarChase/2:12.119/149.092kph
#86 –penalti 30 detik ditambahkan ke waktu total (melanggar bendera kuning)

**Poin sementara setelah Ronde 8
Keseluruhan
Pos Comp
No Pengemudi Tim Poin
1 99 Alexandre IMPERATORI PICC Team StarChase 147
2 1 Keita SAWA LKM Racing Team 113
3 98 TUNG Ho-Pin Budweiser Team StarChase 88
20 Rodolfo AVILA Team Jebsen 88
5 86 Martin RAGGINGER Team Eagle-Jiejun & Junbaojie 87

Kelas B
Pos Comp
No Pengemudi Tim Poin
1 16 Wayne SHEN Modena Motorsports 138
2 88 Egidio PERFETTI Seminole Racing Team 106
3 21 Francis TJIA OpenRoad Racing 97
4 81 HUANG Chu Han Asia Racing Team 95
5 6 ZHENG Ting BBT 78
**Hasil dan Poin sementara, menunggu investigasi teknis

Porsche Carrera Cup Asia 2012
Series Partners
Mitra pendukung Porsche Carrera Cup Asia adalah dua nama yang paling dikenal di dalam dunia motorsport internasional, yaitu: Mobil 1 dan Michelin. Mobil dan Porsche telah bermitra sejak 1996. Kerjasama yang erat di dalam penelitian dan pengembangan telah berujung pada mesin Porsche yang baru yang diisi dengan pelumas Mobil 1 dengan kinerja tinggi. Para pengemudi Porsche Carrera Cup Asia juga mendapatkan kesempatan untuk berpacu dengan ban teknologi canggih yang dipasok oleh Michelin. Kinerja dan teknologi canggih ban Michelin senantiasa men-ingkatkan kinerja dari banyak tim di dalam motorsport internasional. Kemitraan antara Michelin dan Porsche Carrera Cup Asia dimulai dari kesepakatan tingkat dunia yang ditandatangani oleh Porsche AG dan grup Michelin.

Porsche Carrera Cup Asia dikelola dan dipromosikan oleh Motorsport Asia Ltd yang berbasis di Malaysia.

Porsche 911 GT3 Cup
Versi baru Porsche 911 GT3 Cup yang lebih kuat, lebih lebar dan lebih cepat – mobil balap den-gan penjualan terbaik di dunia – diperkenalkan pada tahun 2010. Berdasarkan versi jalanan 911 GT3 RS dengan bobot yang ringan, bodi mobil berkoresponden dengan model standard, dimana Porsche memodifikasi elemen aerodinamika untuk balapan. Bagian spoiler depan direndahkan 15 milimeter dan memberikan kekuatan yang lebih lagi dari bawah. Kekuatan dari sisi bawah samping juga meningkat karena sayap samping yang diperlebar dari 1,46 menjadi 1,7 meter.

Mesin mobil ini identik dengan unit produksi 911 GT3 RS: dengan kapasitas 3,8 liter, motor enam silinder ini memberikan kekuatan 30hp lebih besar dibandingkan pendahulunya. Output dayanya adalah 450 bhp, dengan kecepatan maksimal mesin sebesar 8.500 rpm.

Exhaust racing memiliki fitur controlled catalytic converter. Melalui ZF Friedrichshafen AG race clutch, sebuah kita alat dengan enam kecepatan dan limited slip differential, daya mesin dipindahkan ke poros samping.

Dengan bodi samping 44 milimeter lebih lebar dibandingkan dengan versi standarnya, ada ruang yang cukup untuk roda yang lebih lebar. Poros depan dilengkapi dengan tiga rim light-alloy dengan ukuran 9,5 J x 18 (sebelumnya 9 J x 18). Satu rim light-alloy di poros sisi tumbuh satu inci menjadi 12 J x 18.

Anti-roll bars di depan dan samping, sekarang dapat disesuaikan ke dalam tujuh posisi yang berbeda, sehingga set-up dapat lebih tepat lagi. Lekukan, jalur, tinggi kendaraan dan sisi sayap dapat disesuaikan sesuai dengan peraturan.

- Selesai -



Tentang Porsche Carrera Cup Asia

Sekarang pada musim ke-10-nya, Porsche Carrera Cup Asia memulai semuanya pada tahun 2003 dan tidak pernah menoleh kembali ke balakang. Bergabung dengan keluarga yang sukses besar, yaitu Porsche “one make” series, sehingga Porsche Carrera Cup Asia saat ini tercipta sebagai seri balap Nomor Satu di Asia.

Porsche Carrera Cup Asia menawarkan balapan yang menarik lintas wilayah dan merupakan ajang internasional, dengan para pesaing dari seluruh Asia, Eropa dan juga Pasifik. Arena ini dipenuhi oleh berbagai macam pengemudi balap profesional dan pengemudi pria ambisius dan berbakat.


Tentang Porsche (China) Motors Ltd.
Porsche dikenal di seluruh dunia karena Porsche menciptakan mobil sport terkini untuk penggunaan sehari – hari. Di bawah panduan kredo “Porsche Intelligent Performance”, Porsche memberikan generasi baru mobil sport dimana performa tinggi dan efisiensi tidak menjadi hal yang berlawanan. Sejak memulai operasinya pada tahun 2001, Porsche China telah mengimpor mobil sport ikon yang dilandasi dengan jiwa sport yang telah mendefinisikan marque sejak 1948: seri 911 legendaris, mobil sport mesin tengah Boxster dan Cayman, Cayenna premium SUV dan Panamera Gran Turismo empat pintu. Porsche China saat ini memantau 40 Porsche Center di seluruh dunia, memastikan bahwa para pemilik Porsche di seluruh Cina menerima hallmark dengan layanan personal yang telah diasosiasikan oleh para pelanggan dengan merek ini. Pada tahun 2012, Porsche memasuki dekade keduanya di Cina daratan, membangun catatan penjualan 2011 dengan 24.340 mobil yang diantar ke Cina daratan, Hong Kong dan Macau. Untuk informasi lebih lanjut, mohon kunjungi kami di www.porsche.cn


Untuk permintaan lebih lanjut, mohon kunjungi:

Ms Chester Zhang
Public Relations Executive
Porsche China
Tel: (86-21) 6156 5911
Fax: (86-21) 5058 4210
Email: chester.zhang@porsche.cn

Mrs. Nikki Kemp
Porsche Carrera Cup Asia Press Officer
Tel: (+852) 2575 6995
Email: nikki@prplus.com.hk

Untuk gambar, video dan informasi terbaru mengenai Porsche Carrera Cup Asia, mohon kunjungi www.carreracupasia.com


Porsche Centre Indonesia PR

Public Relations and Media
Cynthia Ratna
Phone: +62 8190809 6740
E-Mail: cynthia@eurokars.co.id

9/17/2012