Archive 2012

Edisi baru dari mobil balap tersukses di dunia Porsche 911 GT3 Cup


Stuttgart. Porsche 911 GT3 Cup merupakan mobil balap tersukses di dunia. Sejak tahun 1998, 2.395 unit kendaraan yang hampir standard diproduksi untuk para pelanggan pecinta sport. Edisi baru dari 911 GT3 Cup adalah versi motorsport dari 911 GT3 di masa mendatang, dan oleh karena itu menjadi mobil balap pertama yang dibangun di atas dasar generasi ketujuh ikon mobil sport dari Zuffenhausen. 911 GT3 Cup akan ditunjukkan secara eksklusif di dalam ajang Porsche Mobil 1 Supercup pada tahun 2013. Mobil untuk satu kali balapan akan membuat debutnya di perayaan akhir musim motorsport dengan tema “Night of Champions” di Pusat R&D di Weissach.

Porsche 911 GT3 Cup baru diperkuat dengan mesin datar enam silinder 3,8 liter. Mesin ini menghasilkan daya sebesar 460 hp (338 kW) di 7.500 rev, melampaui kekuatan generasi sebelumnya sebesar 10 hp.

Gearbox dog-type dengan enam kecepatan yang dibangun oleh Porsche Motorsport dan dioperasikan via padel shift pada ban untuk pertama kalinya di mobil balap piala merek Porsche mentransmisikan daya ke poros belakang. Ban balap tunggal dengan mount pusat juga baru dirancang oleh Porsche Motorsport. Lebar ban balap Michelin ditambahkan dua centimeter sehingga menjadi 27 sentimeter di bagian depan dan bagian belakang ditambahkan sepuluh milimeter di poros belakang sehingga saat ini berukuran 31 sentimeter.

Sistem rem balap yang baru saja dikembangkan meningkatkan kualitas daya tahan yang bahkan lebih baik lagi dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Rotor rem baja dengan sistem ventilasi dalam berukuran 380 milimeter di bagian poros depan diperlambat oleh six-piston aluminium fixed callipers. Poros belakang memiliki fitur versi four-piston.

Pada saat mobil baru ini dikembangkan, penekanan pada keselamatan pengendara menjadi perhatian utama. Sangkar keselamatan dengan rancangan baru melindungi pilot bila mobil terguling atau terjadi benturan, begitu pula dengan kursi balap yang baru dirancang melingkari kepala dan bahu dan dapat disesuaikan oleh individu dengan bantuan peding. Palka darurat di bagian atap memberikan akses mudah bagi pertolongan medis primer dan bila perlu menarik pengemudi keluar dari kendaraan.

“New 911 GT3 Cup jauh lebih mudah untuk dikendarai pada titik batas,” jelas pengendara pekerja Porsche Timo Bernhard, yang terlibat dengan signifikan di dalam pengembangan kendaraan baru ini. “Mobil ini sangat seimbang. Geometri poros barunya sangat positif untuk penanganan kendaraan. Selain itu new Cup 911 memang sangat menyenangkan untuk dikendarai.”

Seperti pendahulunya, new Porsche 911 GT3 Cup diproduksi di Stuttgart-Zuffenhausen dengan lini perakitan yang sama dengan model legal lainnya. Di Pusat Motorsport di Weissach, kendaraan ini menerima general set-up untuk sirkuit dan diuji oleh para pembalap profesional sebelum kendaraan diantarkan kepada pelanggan. Harga dasar untuk kendaraan ini, yang tersedia dalam warna putih secara eksklusif, adalah 181.200 Euro ditambah dengan pajak pertambahan nilai di masing – masing Negara.


Harga ritel dan tanggal peluncuran pasar bervariasi menurut wilayah atau negara. Hubungi Manajer Humas Porsche di negara Anda untuk menerima informasi spesifik negara.

 

Porsche Centre Indonesia PR

Public Relations and Media
Cynthia Ratna
Phone: +62 8190809 6740
E-mail: cynthia@porsche.co.id

12/19/2012